Kamis, 23 Juli 2009

Sarasehan Jabar 18 - 20 Juli 2009 Vihara Sakyawanaram Pacet

Lihat Lebih banyak Foto liputan Sarasehan, klik disini!






Kegiatan Sarasehan GABI VII di Vihara Sakyawanaram
Penulis : Tommi Effendi ( Facebook )

Kegiatan Sarasehan GABI yang ke VII ini memang berbeda dengan Sarasehan GABI sebelumnya. Pada kegiatan Sarasehan kali ini panitia membuat peraturan yang lebih ketat untuk semua peserta agar para peserta dapat disiplin dalam kegiatan tersebut. Hal ini dilakukan karena menilik dari tujuan dari sarasehan itu sendiri. Tujuan diadakan Sarasehan adalah untuk merubah pola pikir, perilaku, dan sikap dari semua peserta agar sesuai dengan Buddhis.
Pada sarasehan tersebut juga banyak sekali hadiah yang disediakan, mulai dari piala juara I sampai III dari 4 lomba dan sebuah hadiah utama yaitu sebuah sepeda untuk GABI terbaik. Untuk menjadi GABI terbaik, ada kriteria-kriteria yang harus di penuhi, yaitu harus mendapatkan sebuah cap SMILE pada semua kegiatan yang ada dan harus aktif juga pada semua kegiatan.
Kegiatan-kegiatan yang diadakan di sana tidak jauh berbeda dengan kegiatan-kegiatan sarasehan sebelumnya, mulai dari bersih diri, kebaktian, makan, sesi acara, lomba-lomba, outbond, dan istirahat. Namun semua kegiatan itu sangat seru dan menyenangkan.
Hari pertama sarasehan dimulai dengan daftar ulang dahulu dan acara makan, kemudian bersih diri dan setelah itu dilanjutkan dengan kebaktian dalam bahasa indonesia. Setelah itu makan malam dan lomba yel-yel dari semua vihara. Kemudian setelah acara itu selesai, semua peserta dipersilahkan untuk beristirahat. Namun para pembina dari setiap vihara harus rapat untuk membicarakan kegiatan keesokan harinya dan membicarakan peraturan yang akan diberlakukan untuk semua peserta.
Hari keduanya, para peserta bangun pagi-pagi kira-kira jam 4 untuk mandi walaupun air di sana sangat dingin seperti es tapi semua peserta tidak memperdulikan hal itu semua demi mendapatkan cap smile dan hadiah. Setelah bersih diri, semua peserta masuk ke ruang kebaktian dan berlomba-lomba untuk sampai ke sana sebelum acara di mulai karena yang tidak telat akan mendapatkan cap smile. Kemudian setelah kebaktian juga mereka sarapan pagi dan harus menghabiskan semua makanan yang mereka ambil agar mendapatkan cap smile juga. Namun para pembina dari setiap vihara harus mencucikan piring semua peserta karena panitia menetapkan peraturan seperti itu.
Kemudian semua peserta kembali lagi ke Dhammasala untuk mengikuti kegiatan berikutnya, yaitu sesi I yang di isi oleh anggota Sangha dan khotbahnya itu tentang Brahma Vihara yang merupakan tema dari sarasehan tersebut. Ketika khotbah, anggota Sangha menyisipkan lagu yang sangat bagus sekali dan membuat semua peserta senang. Setelah selesai sesi pertama, kemudian dilanjutkan dengan sesi kedua, namun pada sesi ini pesertanya di bagi menjadi 2 kelompok, untuk GABI dan remaja.
Setelah selesai sesi kedua, dilanjutkan dengan makan siang. Setelah itu dilanjutkan lagi dengan sesi ketiga untuk membuat kreatifitas. Kemudian selesai sesi ketiga, lalu dilanjutkan dengan lomba Buddhis Idol yang di ikuti oleh 26 peserta. Semua peserta menampilkan yang terbaik untuk semua yang melihat. Setelah acara tersebut, kemudian dilanjutkan dengan bersih diri dan mendengarkan dongeng dari seorang pendongeng yang sangat hebat sekali karena dia pernah memenangkan lomba tingkat asia dan tingkat dunia. Setelah acara tersebut, kemudian dilanjutkan dengan lomba pentas seni yang sampai larut malam baru selesai. Kemudian setelah acara tersebut, akhirnya waktu istirahat pun tiba.
Hari ketiga merupakan hari terakhir dalam sarasehan ke-7 ini dan merupakan hari yang di tunggu-tunggu oleh semua peserta karena pada hari ini akan ada outbond dan pengumuman pemenang dari setiap lomba dan pengumuman GABI terbaik juga yang akan mendapatkan sebuah hadiah utama,yaitu sebuah sepeda. Setelah acara selesai semua, akhirnya pengumuman pemenangpun di umumkan. Mulai dari yel-yel, Buddhis Idol, Pentas Seni, Mading, dan GABI terbaik. Juara yel-yel di menangkan oleh Vessantara (I), vihara Buddhasena (II), dan Dharma Ratna (III). Juara Buddhis Idol adalah Tillya-Buddhasena (I), Intan-Khanti Bhumi (II), Putri-Sakyawanaram (III). Juara Pentas Seni adalah Vessantara (I), Vimala Dharma (II), dan Khanti Bhumi (III). Juara Mading adalah Surya Adhi Guna (I), Vimala Dharma (II), dan Buddhasena (III). Piala bergilir di dapatkan kembali oleh Vesantara dan hadiah utama sebuah sepeda dimenangkan oleh saudari kita Nadila dari VSAG sebagai GABI terbaik pada sarasehan ke VII.
Lihat Lebih banyak Foto liputan Sarasehan, klik disini!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Search